Kebiasaan sebelum tidur ini bermanfaat bagi esok hari anda


Tidur adalah suatu kebutuhan dalam hidup kita ,dengan tidur kita bisa mengistirahatkan diri kita setelah lelah menjalani aktifitas sepanjang hari.Bagi manusia dewasa waktu tidur memerlukan waktu 8 jam dalam sehari.Tidak jarang ada beberapa kasus dimana tidur tidak nyenyak dan tidak bangun dalam keadaan yang bugar.Beberapa hal dibawah ini bisa anda lakukan agar lancar menjalankan aktifitas diesok hari.

1. Membaca buku

Hal yang sudah  umum ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kita.Selain menambah pengetahuan dengan membaca kita bisa menjadi lebih tenang dan terhindar dari strees.Membaca buku atau informasi yang positif dari buku juga membuat kita lebih cepat dan nyenyak dalam tidur.

2.Minum minuman hangat


                                                                    unslash.com

Minuman hangat membantu kita menjadi lebih tenang dan damai.Selain itu minuman hangat seperti susu dan juga teh memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita.Namun sebaiknya anda tidak menambahkan gula terlalu banyak pada minumam hangat anda agar pencernaan anda tidak bekerja terlalu keras saat anda tidur.

3.Menghindari makan berat

Ada baiknya sebelum anda tidur anda tidak dalam keadaan sangat kenyang atau baru selesai makan.Anda tetap bisa makan namun harus menunggu minimal setengah jam setelah makan untuk tidur.Ini karena saat makanan anda berada dilambung dan anda tertidur ,asam lambung akan dengan mudah naik ke kerongkongan .Tentu saja ini akan membuat anda mual saat bangun di pagi hari.

4.Peregangan

Melakukan peregangan otot sebelum tidur bisa membuat otot anda lebih lentur atau tidak tegang .Selain itu peredaran darah anda menjadi lancar dan tidur anda bisa menjadi lebih nyenyak.Dipagi hari anda juga akan merasa lebih segar dalam menjalani aktifitas anda.

5.Menggosok gigi



unsplash.com

Masalah gigi merupakan masalah yang dianggap sepele oleh sebagian orang.Namun jika gigi anda berlubang atau sakit maka itu akan mengganggu aktifitas anda.Bagi masyarakat kita masih sedikit yang menggosok gigi sebelum tidur padahal masalah gigi sebagian besar muncul saat malam hari.

6.Menjauhkan gadget

Manusia modern zaman sekarang sangat sulit menjauhi benda yang satu ini  karena merupakan bagian yang penting dalam hidup mereka.Meskipun penting akan sangat baik jika anda menghindari penggunaannya karena selain merusak mata radiasi yang di timbulkannya bisa membuat tidur kita tidak nyenyak.Jadi jauhkan gadget ditempat yang aman sebelum anda tidur.

6.Membersihkan wajah dari make up

Sebelum anda tidur sebaiknya semua make up anda bersihkan terlebih dahulu.Banyak sekali masalah yang ditimbulkan jika anda masih memakai make up saat tidur seperti kulit menjadi lebih kusam dan keriput,juga muncul jerawat.Hal ini tentu menjadi masalah terutama bagi kaum hawa.Setiap orang juga ingin bangun dalam keadaan yang baik  untuk itu bersihkan wajah anda dari make up sebelum tidur.

7.Mematikan lampu

Bagi sebagian orang tidur dengan lampu yang menyala adalah sebuah keharusan namun anda lebih baik mematikan lampu saat tidur.Dengan tidur dalam keadaan gelap kita bisa mendapat banyak manfaat seperti tidur menjadi lebih nyenyak,kekebalan tubuh meningkat ,menambah daya ingat dan lain-lain.Untuk itu mulai sekarang anda bisa tidur dalam keadaan gelap.

8. Berdoa

Kebiasaan sederhana ini memiliki arti yang besar dalam diri anda khususnya secara rohani.Dengan berdoa kita mempunyai harapan lebih untuk hidup yang lebih baik,menjadi pribadi yang rendah hati dan pantang menyerah.Setiap agama tentunya menganjurkan berdoa terutama sebelum tidur.

Setiap kegiatan yang dilakukan berulang akan menjadi kebiasaan dan setiap kebiasaan baik memberi pengaruh baik juga.Demikianlah beberapa kebiasaan  yang anda bisa lakukan sebelum tidur.Semoga bermanfaat bagi diri anda untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.  

 

 


Komentar