Jarang diketahui,ternyata makanan ini bantu atasi penyakit maag

Apakah anda penderita sakit maag alias dyspepsia? Jika benar pasti anda sering mengalami gejala-gejala nyeri pada lambung ,mual,sering bersendawa,rasa panas pada perut bagian atas juga tidak nafsu makan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami sakit maag , seperti,adanya masalah emosional, mengonsumsi makanan berminyak, berlemak dan pedas, makan terlalu cepat dan lain-lain. Meskipun penyakit sistem pencernaan ini terbilang mudah untuk disembuhkan, tetapi jika dibiarkan maka akan menjadi parah. Untuk itu,kita harus memastikan setiap apa yang kita konsumsi baik dan dapat mengobati penyakit ini , seperti beberapa makanan dibawah ini yang bisa membantu anda mengatasi penyakit maag .

1. Pati singkong dan gandum

Pati singkong dan gandum ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak misalnya saja cilok,roti gandum dan cookies.Tekstur makanan yang akan dihasilkan akan mudah dicerna oleh lambung anda.Jika anda mengkonsumsi makanan ini sebaiknya anda hindari proses memasak yang menggunakan banyak minyak maupun tambahan cabai agar tidak memperburuk kondisi penyakit anda.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik karena mengandung serat tinggi dan vitamin . Bagi anda yang vegetarian kacang-kacangan ini sangat baik untuk menunjang kebutuhan protein anda. Meskipun tinggi kalori kacang-kacangan memiliki kandungan yang dapat mengurangi peradangan pada lambung anda.

3. Sayuran berwarna hijau


 

                                                                                Foto/brokoli/pixabay

Beberapa jenis sayuran hijau bisa dengan mudah anda temukan seperti bayam, kangkung,sawi ,brokoli dan lain sebagainya.

Sayuran hijau ini mempunyai rasa yang enak dan digemari setelah diolah. Rendahnya kandungan gula dan lemaknya bisa membantu mengurangi peningkatan kadar asam lambung.Dengan cara mempercepat pengosongan lambung,sehingga asam lambung tidak akan naik ke kerongkongan.

4. Pepaya dan pisang

                                                                               Foto/pepaya/pixabay

Selain tinggi serat dua buah  ini juga menjadi pilihan tepat untuk orang yang penderita sakit maag.Pada papaya terdapat kandungan enzim bernama papain yang merupakan enzim protease yang dihasilkan oleh getah buah pepaya.Enzin ini dapat membantu proses pencernaan dengan mempermudah pemecahan protein.Sehingga kinerja asam lambung menjadi terbantu dan tidak akan mencederai lambung.Sementara itu , Pisang memiliki kandungan senyawa basa yang berfungsi melawan asam. Dan serat dalam pisang meningkatkan pencernaan, sehingga berguna mengurangi refluks asam lambung.

 5.Daging rendah lemak dan kulit sapi

Daging rendah lemak cukup mudah ditemui dipasaran.Ciri-cirinya adalah dengan melihat warna serta sedikitnya lemak yang menempel pada daging.Selain daging,olahan makanan dari kulit sapi seperti krupuk kulit juga dipercaya sebagian besar orang bisa mengatasi rasa mual yang disebabkan oleh penyakit magg.

Komentar