Jangan salah ternyata nyamuk juga bermanfaat bagi kehidupan kita

                                                                              pixabay.com

Nyamuk adalah hewan yang sudah tidak asing bagi kita. Setiap orang di dunia ini banyak bahkan sebagian besar tidak menyukai kehadirannya.Faktanya hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah manusia maupun hewan .Dengan ukurannya yang kecil angka kematian yang disebabkan oleh hewan yang satu ini tergolong cukup besar dan terus meningkat seiring berjalannya waktu ,dengan cara membawa penyakit seperti demam berdarah dan malaria .Namun dibalik harapan setiap masyarakat akan hilangnya makhluk kecil yang satu ini terdapat beberapa hal yang mungkin menyebapkan anda berpikir dua kali jika hewan ini musnah dari bumi ini.Berikut ini adalah beberapa manfaat nyamuk dalam kehidupan kita.

1.Sebagai indikator kebersihan rumah

Rumah anda terdapat banyak nyamuk di saat malam hari, bisa jadi itu disebabkan rumah anda kurang bersih. Hal ini terjadi karena nyamuk sangat menyukai tempat yang kotor , gelap dan juga lembab.Tempat seperti itu sangat nyaman bagi nyamuk untuk bersarang dan bersembunyi saat siang hari.

2.Sebagai indikator kelembapan dan pencahayaan rumah

Ketika rumah anda lembab dan cahaya matahari sulit bahkan tidak dapat masuk sama sekali kedalam rumah anda maka nyamuk akan senang bersarang disana. Nyamuk adalah hewan yang tidak menyukai cahaya matahari maupun tempat yang terang karena mereka akan mengalami dehidrasi sehingga akan cepat mati.

3.Sebagai pakan alami ikan hias

Apakah anda hobi memelihara ikan? Jika itu benar maka menggunakan jentik-jentik atau larva nyamuk sebagai makanan  adalah sangat tepat.Larva nyamuk ini merupakan makanan alami sekaligus gratis jika anda memanfaatkannya.Biasanya ikan seperti ikan cupang,ikan moli,dan ikan balon cocok diberi makan larva nyamuk ini.

4.Sebagai bagian dalam keseimbangan lingkungan

Nyamuk adalah bagian dari sebuah ekosistem  yang dibutuhkan agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Tanpa nyamuk mungkin akan terjadi masalah dalam keberlangsungan ekosistem dibumi.Ini semua terjadi karena dalam beberapa kasus ada beberapa spesies yang menjadikan nyamuk sebagai makanan.

Dengan adanya nyamuk tanpa kita sadari juga memiliki peranan dalam hidup kita dibalik semua hal negatif yang ditimbulkannya.Untuk itu tetaplah bijak dalam menanggapi segala sesuatu dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah serta lingkungan sekitar anda.

 

 

 


Komentar