Cara Agar Tidak Bosan dalam Belajar

                        pixabay.com

Belajar adalah salah satu hal penting dalam kehidupan karena dengan belajar anda bisa mendapatkan informasi maupun ilmu baru yang bisa anda gunakan dalam memecahkan masalah.Belajar juga akan terus berlangsung dari sejak anda lahir hingga kematian menjemput anda, begitu pentingnya belajar dalam kehidupan manusia.Namun,seringkali kita merasa bosan dalam belajar contohnya saja ada seorang murid yang bosan bahkan malas belajar padahal dia akan menghadapi ujian. Untuk itu kita harus tau dan paham bagaimana metode dan jenis belajar apa yang sesuai dengan diri kita . Disini ada beberapa cara dan informasi untuk mengatasi kebosanan dalam belajar.

1.   Menentukan gaya belajar

Tentukan gaya belajar apa yang sesuai dengan dirimu . Salah satu hal yang utama sebelum anda belajar adalah menentukan gaya belajar apa yang sesuai dengan diri anda .Misalnya

1.      gaya belajar visual(melihat),

2.      gaya belajar audiotori ( mendengar),

3.      gaya belajar kinestetik (gerakan),

4.      gaya belajar menyeluruh.

Setiap gaya belajar memiliki cara pembelajaran dan metode yang berbeda namun sama dalam tujuan tercapainya suatu pembelajaran.Jika anda bingung dalam menentukan gaya belajar apa yang sesuai dengan diri anda , anda bisa mencoba setiap cara belajar diatas kemudian anda tentukan gaya mana yang paling sesuai dengan diri anda.

2. Menentukan tempat belajar

Tentukan tempat belajar yang nyaman dan efektif untuk menunjang pembelajaran anda. Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja namun anda harus menentukan tempat yang benar-benar efektifuntuk anda belajar. Carilah tempat belajar yang nyaman dan tidak ada gangguan seperti,

1.      Belajar dikamar

2.      Belajar diperpustakaan

3.      Belajar diruang tamu

4.      Belajar dikelas

Saat anda belajar anda juga bisa mengajak teman atau beberapa kelompok kecil agar suasana belajar menjadi menyenangkan dengan catatan bahwa kalian harus berniat untuk belajar bukan untuk melakukan hal yang lainnya.

3. Menentukan topik atau hal yang akan dipelajari

Sebelum anda belajar tentukanlah topik dan batasan anda belajar . Hal ini dimaksudkan agar anda fokus menyelesaikan topic tersebut sehingga yang anda pelajari benar-benar anda pahami. Anda juga bisa mencatat topik dan pembahasan mana yang akan anda pelajari sehingga saat semua bisa tersusun dengan rapi.

4. Menentukan waktu dan durasi belajar

Tentukan waktu dan durasi belajar dan usahakan anda belajar dalam keadaan yang tidak tertekan maupun terganggu. Anda harus memilih waktu yang tepat saat anda luang atau membuat jadwal kegiatan belajar contohnya.

1.      Saat sore hari sepulang sekolah

2.      Saat malam hari ketika luang

3.      Saat pagi hari setelah bangun tidur

4.      Saat jam kosong disekolah

Pemilihan waktu yang penting ini juga harus diimbangi dengan durasi belajar. Durasi belajar sebaiknya tidak terlalu lama misalnya saja 50 menit belajar dan gunakan waktu 10 menit untuk istirahat. Dengan cara tersebut anda bisa terhindar dari rasa bosan dan kegiatan belajar menjadi efektif.

5.Memberikan motivasi juga dukungan kepada diri sendiri

Motivasi juga dukungan sangatlah penting untuk menambah semagat dalam belajar. Selalu yakinkan diri akan apa saja yang anda dapat ketika anda rajin belajar . Selain itu anda jua bisa memberikan hadiah kecil kepada diri anda sendiri seperti jika anda rajin belajar selama seminggu maka anda akan membeli makanan kesukaan anda atau pergi ketempat yang anda inginkan.

6.Membuat catatan akhir belajar

Catatan akhir atau kesimpulan dari sebuah pembelajaran bisa menjadi penginggat sekaligus ukuran pemahaman anda dalam menangkap materi pembelajaran.Anda bisa membuat catatan akhir dengan hiasan atau pena berwarna agar anda semakin senang saat melihat maupun membacanya kembali.

 

 

 

 

Komentar